Kecamatan Bandar Kabupaten Batang / Berita / PASTIKAN AMAN, KKN TIM II MAHASISWA UNDIP PASANG RAMBU JALUR EVAKUASI DAN TITIK KUMPUL DI BALAI DESA

Berita

PASTIKAN AMAN, KKN TIM II MAHASISWA UNDIP PASANG RAMBU JALUR EVAKUASI DAN TITIK KUMPUL DI BALAI DESA

Pemasangan rambu jalur evakuasi dan titik kumpul di tempat-tempat umum yang ada di Desa Wonomerto

          Masih dalam tahap pelengkapan administrasi desa dan juga sebagai langkah tanggap bencana. KKN Tim II Mahasiswa Universitas Diponegoro, dalam salah satu program monodisiplin dari keilmuan Teknik Industri yang dilaksanakan oleh Ni Putu Sasti Wulandari membuat beberapa titik untuk pemasangan rambu jalur evakuasi dan titik kumpul di tempat-tempat umum yang ada di Desa Wonomerto. Salah satu tempat percontohan yang dipilih adalah Balai Desa Wonomerto. Rambu ini di pasang guna memudahkan pengunjung memahami denah jalur evakuasi yang telah dibuat serta mengikuti rambu yang terpasang ketika terdapat bencana yang mengharuskan pengunjung di balai Desa Wonomerto keluar dari Gedung dan berkumpul pada titik yang aman. Balai Desa Wonomerto dipilih karena menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh warga. Selain itu salah satu bangunan di Balai Desa kerap digunakan untuk kegiatan-kegiatan berkumpul dan pelaksanaan sebuah acara oleh warga-warga setempat. 

Tahap pemasangan rambu ini dimulai dengan melakukan observasi terlebih dahulu untuk titik pemasangan jalur evakuasi di seluruh bangunan yang terdapat di balai desa serta menentukan lahan yang cukup untuk dijadikan titik kumpul. Tanda jalur evakuasi dipasang dibeberapa titik yang mudah terlihat oleh warga seperti di tembok dekat pintu, dekat jedela, dan dekat tangga. Untuk titik kumpul dipasang pada halaman parkir Balai Desa Wonomerto karena menjadi tempat dengan lahan terbuka paling luas di Kawasan balai desa. 

          Oleh karena itu, melalui pemasangan rambu ini, KKN Tim II berharap dapat menjadi manfaat yang membantu dan memudahkan warga di Kawasan Balai Desa Wonomerto. Selain itu, melalui percontohan ini diharapkan ke depannya dapat dipasang di tempat-tempat umum lainnya yang ada di Desa Wonomerto. 

* KKN Tim II UNDIP Tahun 2024 *